Rabu, 30 Januari 2019

Application Service Library

https://youtu.be/hPhk09IVCX4

1.     Pengertian Application Service Library
Application Service Library (ASL) adalah kerangka kerja domain publik dari praktik terbaik yang digunakan untuk standarisasi proses dalam aplikasi manajemen, disiplin memproduksi dan memelihara sistem informasi dan aplikasi.
     2.     Sejarah Singkat ASL
ASL(Application Services Library) dikembangkan pada akhir tahun sembilan puluhan di Belanda dan diperkenalkan ke dalam domain publik pada tahun 2002. Perpustakaan tersebut terdiri dari publikasi mengenai model proses dan sejumlah besar praktik terbaik, makalah putih, artikel dan presentasi.
ASL berkaitan dengan pengelolaan dukungan, pemeliharaan, pembaharuan dan strategi penerapan secara ekonomi. Perpustakaan terdiri dari kerangka kerja, praktik terbaik, template standar dan penilaian sendiri.
ASL erat terkait dengan kerangka kerja ITIL (IT Service Management) dan BiSL (Manajemen Informasi dan Manajemen Fungsional) dan Capability Maturity Model (CMM).

Kerangka ASL dikembangkan karena ITIL, dipeluk oleh departemen infrastruktur TI, terbukti tidak memadai untuk Manajemen Aplikasi: pada waktu itu, ITIL tidak memiliki pedoman khusus untuk aplikasi desain, pengembangan, pemeliharaan dan dukungan. versi ITIL baru, terutama V3, semakin membahas Pengembangan Aplikasi dan Aplikasi Manajemen domain; ASL BiSL Foundation telah menerbitkan sebuah kertas putih membandingkan ITIL v3 dan ASL.
     3.     Tujuan Application Service Library
ASL mempunyai tujuan untuk memprofesionalkan bidang pengelolaan aplikasi. Pendekatan standar ASL berkontribusi pada profesionalisasi organisasi manajemen aplikasi dan memfasilitasi cara kerja yang lebih efisien dan hemat biaya. 
     4.     Keuntungan Application Service Library
Keuntungan ASL adalah kerangka umum dan kerangka acuan untuk domain pengelolaan aplikasi memungkinkan bekerjasama yang lebih baik antara pihak-pihak yang terkait.
5.     Tujuan Application Service Library
Tujuan dari ASL adalah untuk membantu dalam profesionalisasi Manajemen Aplikasi.


Cakupan ASL
ASL2 ini dimaksudkan untuk mendukung Manajemen Aplikasi dengan menyediakan alat-alat. Dua kategori utama bantu didefinisikan:

Deskripsi dari proses untuk Manajemen Aplikasi. Ditambah penggunaan praktek-praktek terbaik terminologi standar, menghindari perangkap berbicara tentang topik yang berbeda saat menggunakan kata-kata yang sama.

Ada 4 proses dalam cluster Dukungan Aplikasi. Proses dalam cluster Organisasi Layanan mendukung penggunaan sehari-hari dari sistem informasi. Proses dalam cluster ini adalah:
·         Use Support
·         Configuration Management
·         IT Operation Management
·         Continuity Management   



Framework
Framework ASL terdiri dari enam proses cluster, dibagi menjadi tiga tingkat yaitu proses operational, managing and strategic levels (gambar 4.1). Memilki sudut pandang jangka pendek dan menengah, sedangkan sudut pandang proses untuk beberapa tahun ke depan. strategis menghadap ke arah horizontal



TINGKAT OPERATIONAL
pada tingkat operasional bertujuan untuk memastikan bahwa aplikasi saat ini digunakan dengan cara yang paling efektif untuk mendukung proses bisnis, menggunakan minimal sumber daya dan mengarah ke minimal gangguan operasional.

Dukungan Aplikasi klaster
Ada 4 proses dalam cluster Dukungan Aplikasi. Proses dalam cluster Organisasi Layanan mendukung penggunaan sehari-hari dari sistem informasi. Proses dalam cluster ini adalah:
Gunakan Dukungan
Manajemen konfigurasi
Manajemen Operasi IT
Manajemen kontinuitas
Proses ini telah juga telah didefinisikan dalam kerangka ITIL. Proses serupa, tetapi dilihat dari sudut pandang yang lain, oleh karena itu kegiatan di masing-masing proses ini mungkin berbeda dari kegiatan dalam ITIL lingkungan.
 
Aplikasi Pemeliharaan dan Renewal klaster
Ada 5 proses dalam Pemeliharaan Aplikasi dan Renewal cluster. Dalam cluster ini mayoritas pekerjaan Pengembangan Aplikasi dilakukan.Sebagian besar karya Manajemen Aplikasi berkaitan dengan merancang, pemrograman dan pengujian aplikasi dan sistem informasi. Proses adalah:
Dampak analisis
Desain
Realisasi
pengujian
Pelaksanaan
Proses-proses ini tidak dijelaskan sama sekali dalam kerangka ITIL V1, tetapi memiliki rekan-rekan mereka di BiSL, model Informasi manajemen / Manajemen Fungsional.
Menghubungkan Proses Tingkat Operasional klaster
Ada 2 proses dalam Menghubungkan Proses Tingkat Operasional cluster.Proses menghubungkan bertujuan sinkronisasi kegiatan antara Layanan Organisasi / operasi (menggunakan aplikasi) dan pengembangan dan pemeliharaan (mengubah aplikasi).Kedua proses termasuk adalah:
Manajemen perubahan
Control Software dan Distribusi

TINGKAT MANAGEMENT
Proses manajemen memastikan bahwa cluster operasional dikelola secara terpadu. Pemeliharaan aplikasi dan pembaharuan klaster memastikan bahwa aplikasi yang dimodifikasi sesuai dengan perubahan kebutuhan, biasanya sebagai akibat dari perubahan dalam proses bisnis, menjaga aplikasi up-to-date. Proses menghubungkan membentuk jembatan antara organisasi layanan cluster dan pengembangan dan pemeliharaan cluster.

Manajemen Proses klaster
Ada 5 proses dalam Manajemen Proses cluster. Proses dalam cluster ini digunakan dalam pengelolaan kegiatan dalam cluster pada tingkat operasional.Proses terletak di tingkat taktis, digunakan untuk mengarahkan proses operasional.Proses termasuk adalah:
Manajemen kontrak
Perencanaan dan Pengendalian
Manajemen mutu
Manajemen keuangan
Manajemen pemasok

TINGKAT STRATEGI

Ada dua kelompok pada tingkat strategis. Tujuan dari cluster strategi aplikasi adalah untuk mengatasi strategi jangka panjang untuk aplikasi. Proses yang diperlukan untuk strategi jangkapanjang untuk organisasi manajemen aplikasi dijelaskan dalam strategi organisasi manajemen aplikasi kerangka cluster.
Aplikasi Strategi klaster
Ada 5 proses dalam cluster Strategi Aplikasi. Aplikasi hidup lebih lama dari yang diharapkan. Sistem, fungsi, konsep dan struktur sistem informasi tetap stabil selama bertahun-tahun. Pengetahuan ini jarang digunakan. Adalah penting bahwa, sambil mempertahankan dan meningkatkan sistem, ada pandangan yang jelas diperlukan apa tuntutan yang di masa depan, dan berdasarkan itu, apa dan bagaimana masa depan aplikasi ini akan terlihat seperti. Pandangan ini, strategi manajemen aplikasi, dibuat dalam cluster Strategi Aplikasi. Proses dalam cluster ini adalah:
IT Perkembangan Strategi
Organisasi Strategi pelanggan
Strategi Lingkungan pelanggan
Aplikasi Manajemen Siklus Hidup
Aplikasi Manajemen Portofolio

Aplikasi Manajemen Strategi Organisasi klaster
Ada 5 proses dalam cluster Manajemen Aplikasi Strategi Organisasi. Juga masa depan organisasi Manajemen Aplikasi, dengan aspek keterampilan dan kemampuan, pasar dan pelanggan, sangat penting. Membuat strategi manajemen organisasi ini adalah tujuan dari Manajemen Aplikasi Strategi Organisasi cluster. Proses dalam cluster ini meliputi:
Akun dan Definisi Pasar
kemampuan Definisi
teknologi Definisi
pemasok Definisi
Jasa Pengiriman Definition

http://sederhanasajaa.blogspot.com/2017/07/application-service-library-asl.html

http://cakragilang19.blogspot.com/2017/07/application-service-library-asl.html
http://elcafeconhielo.blogspot.com/2018/04/application-services-library.html


Tidak ada komentar:

Posting Komentar