Senin, 16 November 2015

ILMU PENGETAHUAN DAN TEKNOLOGI DAN KEMISKINAN

ILMU PENGETAHUAN, TEKNOLOGI, DAN KEMISKINAN
           "ilmu pengetahuan" lazim digunakan dalam pengertian sehari-hari,  terdiri dari dua kata yaitu "ilmu" dan "pengetahuan", yang masing-masing mempunyai identitas sendiri.
       Dalam    membicarakan      "pengetahuan"      saja   akan menghadapi    berbagai    masalah,   seperti   kemampuan    indera   dalammemahami fakta   pengalaman      dan   dunia    realitas,     hakikat    pengetahuan,      kebenaran, kebaikan,   membentuk    pengetahuan,    sumber   pengetahuan,    dsb.  Kesemuanya telah   lama   dipersoalkan    oleh  para   ahli  filsafat   seperti   Socrates,    Plato,   dan Aristoteles,   di mana  teori  pengetahuan   merupakan   cabang  atau  sistem  filsafat. Oleh  J.P.  Farrier,   dalam   Institutes   of  metaphisics    (1854),   pemikiran   tentang teori  pengetahuan    itu disebut   "epistemologi"    (epistem   = pengetahuan,    logos= pembicaraanlilmu).
Teknologi      dalam    penerapannya        sebagai     jalur     utama    yang    dapat menyongsong     masa   depan   cerah kepercayaannya     sudah   mendalam.    Sikap demikian   adalah  wajar,  asalkan  tetap  dalam  konteks  penglihatan   yang  rasional. Sebab    teknologi,     selain    mempermudah      kehidupan     manusia,    mempunyai dampak  sosial  yang  sering  lebih  penting   artinya  daripada   kehebatan   teknologi itu  sendiri.

Kemiskinan    merupakan    tema   sentral   dari   perjuangan    bangsa,    sebagai perjuangan   yang  akan  memperoleh    kemerdekaan    bangsa  dan  motivasi   funda­ mental  dari  cita-cita   menciptakan    masyarakat   adil  dan  makmur.   Hal  itu sudah sejak  lama  oleh  sarjana   ekonomi   di  banyak   negara   digeluti   dan  dipecahkan, dan  setiap   kali  pula  pemecahannya     1010s dari  genggaman,    dan  berkembang menjadi  masalab  baru.  Berbicara  tentang  masalah  kemiskinan   akan dihadapkan kepada   persoalan   lain,  seperti   persepsi   manusi terhadap   kebutuhan    pokok, posisi   manusia    dalam   lingkungan     sosial,   dan   persoalan    yang   lebih   jauh; bagaimana   ilmu  pengetahuan    (ekonomi)   dan  teknologi   memanfaatkan    sumber daya  alam  untuk   membasmi    kemiskinan.

IImu  pengetahuan,    teknologi,   dan  kemiskinan    merupakan    bagian-bagian yang    tidak    dapat    dibebaskan      dan   dipisahkan      dari    suatu    sistem    yang berinteraksi,     interelasi,    interdependensi,      dan   ramifikasi    (percabangannya). Dengan   demikian   wajarlah   apabila   menghadapi    masalah   yang  komplek ini, memerlukan     studi   mendalam    dan   analisis    interdisipliner     kalau   tidak   mau mencampuradukkan      unsur-unsur    sintesis   dengan   sintesisnya    sendiri.
 
1.   ILMU PENGETAHUAN

Di kalangan ilmuwan ada keseragaman  pendapatbahwa ilmu itu selalu tersusun dari pengetahuan secara teratur, yang diperoleh dengan pangkal tumpuan (objek) tertentu dengan sistematis, metodis, rasional/logis,  empiris, umum, dan akumulatif. Pengertian pengetahuan sebagai istilah filsafat tidaklah sederhana  karena  bermacam-macam  pandangan  dan teori  (epistemologi),  di antaranya pandangan Aristoteles, bahwa pengetahuan merupakan pengetahuan yang dapat diinderai dan dapat merangsang budi. Menurut Decartes ilmu pengetahuan  merupakan  serba budi; oleh Bacon  dan David  Home  diartikan sebagai pengalaman

Untuk mencapai suatu pengetahuan  yang ilmiah dan objektif diperlukan sikap  yang  bersifat   ilmiah.   Bukan   membahas   tujuan   ilmu,   melainkan mendukung  dalam  mencapai  tujuan  ilmu  itu sendiri,  sehingga  benar-benar objektif,  terlepas  dari prasangka  pribadi  yang bersifat  subjektif.  Sikap yang bersifat  ilmiah  itu meliputi  empat hal:

a.  tidak ada perasaan yang bersifat pamrih sehingga mencapai pengetahuan ilmiah yang objektif. b.    Selektif artinya  mengadakan   pemilihan   terhadap   problem yang dihadapisupaya   didukung    oleh  fakta   atau  gejala,  da mengadakan     pemilihan terhadap   hipotesis   yang  ada.

c.     Kepercayaan     yan laya terhadap    kenyataan     yan tak  dapa diubahmaupun   terhada alat  inder dan  budi  yang  digunakan    untuk   mencapai ilmu.
d.    Meras pasti   bahwa   setia pendapat,    teori maupun   aksioma  terdahulutelah  mencapai  kepastian,   namun  masih  terbuka  untuk  dibuktikan   kembali.

IImu pengetahuan   sekarang  menghadapi   kenyataan   kemiskinan,   yang  pada hakikatnya   tidak   dapat  melepaskan    diri  dari  kaitannya   dengan   ilmu  ekonomi karena   kemiskinan    merupakan   persoalan   ekonomi   yang  paling   elementer,   di mana   kekurangan    dapat   menjurus    kepada   kematian.    
2.   TEKNOLOGI

Dalam  konsep  yang  pragmatis   dengan  kemungkinan   berlaku   secara akademis dapatlah dikatakan, bahwa ilmu pengetahuan (body of knowledge), dan teknologi  sebagai suatu seni (state of art) yang mengandung  pengertian berhubungan dengan proses produksi menyangkut cara bagaimana berbagai sumber, tanah, modal,  tenaga kerja dan keterampilan  dikombinasikan  untuk merealisasi tujuan produksi. "Secara konvensional mencakup penguasaan dunia fisik dan biologis,  tetapi secara luas juga  meliputi teknologi  sosial, terutama teknologi sosial pembangunan (the social technology of development) sehingga teknologi itu adalah metode sistematis untuk mencapai setiap tujuan insani." (Eugene  Staley,  1970).
       Teknologi     yang   berkembang     dengan    pesat,    meliputi    berbagai    bidang kehidupan   manusia.  Masa  sekarang   nampaknya    sulit  memisahkan    kehidupan manusia  dengan  teknologi,   bahkan  sudah  merupakan   kebutuhan   man usia. Awal perkembangan     teknik   yang   sebelumnya    merupakan    bagian   dari   ilmu   atau bergantung     dari   ilmu,   sekarang    ilmu   dapat   pula   bergantung     dari    teknik. Contohnya    dengan   berkembang    pesatnya   teknologi    komputer   dan  teknologi satelit  ruang  angkasa,   maka  diperoleh   pengetahuan   baru  dari  hasil  kerja  kedua produk   teknologi    tersebut.  Luasnya   bidang   teknik,   digambarkan    oleh  Ellul sebagai   berikut   :
3.   ILMU PENGETAHUAN TEKNOLOGI DAN NILAI

      Ilmu pengetahuan dan teknologi sering dikaitkan dengan nilai atau moral. Hal ini besar perhatiannya tatkala dirasakan dampaknya melalui kebijaksanaan pembangunan, yang pada hakikatnya adalah penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi.

       Penerapan  ilmu pengetahuan  khususnya  teknologi  sering kurang memperhatikan  masalah  nilai, moral atau segi-segi  manusiawinya.  Keadaan demikian tidak luput dari falsafah pembangunannya  itu sendiri, dalam menentukan  pilihan  antara  orientasi  produksi  dengan  motif  ekonomi  yang kuat, dengan orientasi nilai yang menyangkut segi-segi kemanusiaan yang terkadang  harus dibayar  lebih mahal.

4.KEMISKINAN

       Kemiskinan  lazimnya  dilukiskan  sebagai kurangnya  pendapatan  untuk memenuhi    kebutuhan    hidup   yang   pokok.   dikatakan    berada   di  bawah   garis kemiskinan   apabila  pendapatan   tidak  cukup  untuk  memenuhi   kebutuhan   hidup yang  paling  pokok  seperti  pangan,  pakaian,   tempat  berteduh,   dll.  (Emil  Salim,).

         Kemiskinan    merupakan    tema   sentral   dari   perjuangan    bangsa,   sebagai inspirasi   dasar  dan  perjuangan    akan  kemerdekaan    bangsa,   dan  motivasi   fun­ damental   dari  cita-cita   menciptakan    masyarakat    adil  dan  makmur.

           Garis   kemiskinan,    yang   menentukan    batas   minimum    pendapatan    yang diperlukan   untuk  memenuhi   kebutuhan   pokok,  bisa  dipengaruhi    oleh  tiga  hal:

(1)    persepsi    manusia   terhadap    kebutuhan    pokok   yang   diperlukan,    
(2) posisi  manusia   dalam  lingkungan   sekitar,  dan
 (3) kebutuhan   objektif   manusia untuk   bisa  hidup  secara manusiawi.

            Persepsi  manusia  terhadap  kebutuhan   pokok  yang  diperlukan   di pengaruhi oleh  tingkat   pendidikan,    adat-istiadat,    dan  sistem  nilai  yang  dimiliki.   Dalam hal  ini  garis  kemiskinan    dapat  tinggi   atau  rendah.   Terhadap    posisi   manusia dalam   lingkungan    sosial,  bukan  ukuran   kebutuhan    pokok  yang  menentukan.

Melainkan     bagaimana     posisi   pendapatannya      ditengah-tengah      masyarakat sekitarnya.    Kebutuhan   objektif   manusia   untuk  bisa  hidup  secara   manusiawi ditentukan    oleh  komposisi   pangann   apakah   bernilai   gizi  cukup   dengan   nilai protein   dan  kalori   cukup   sesuai   dengan   tingkat   umur,  jenis   kelamin,    sifat pekerjaan,    keadaan   iklim  dan  lingkugan   yang  dialaminya.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar